Sebanyak 235 mahasiswa/i baru STIKES Aufa Royhan Psp Angkatan I Tahun Akademik (TA) 2012/2013 mengikuti Program Pengenalan Studi (PPS). Tujuannya, untuk menerapkan mahasiswa yang berdisiplin dan memahami peraturan kampus.

 


Sebanyak 235 mahasiswa/i baru STIKES Aufa Royhan Psp Angkatan I Tahun Akademik (TA) 2012/2013 mengikuti Program Pengenalan Studi (PPS). Tujuannya, untuk menerapkan mahasiswa yang berdisiplin dan memahami peraturan kampus.

SIDIMPUAN-Sebanyak 235 mahasiswa/i baru Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Aufa Royhan Padangsidimpuan (Psp) Angkatan I Tahun Akademik (TA) 2012/2013 mengikuti Program Pengenalan Study (PPS). Tujuannya, untuk menerapkan mahasiswa yang berdisiplin dan memahami peraturan kampus3.

PPS dilaksanakan selama dua hari mulai (7-8 September) di kampus STIKES Aufa Royhan, di Jalan Batu Nadua Ujung Gurap, Kecamatan Psp Batunadua, Kota Psp. PPS merupakan pengenalan bagi mahasiswa/i baru layaknya sekolah tinggi lainnya mengadakan ospek penerimaan mahasiswa baru. Mahasiswa di tahun I yang mengikuti PPS ini terdiri dari 32 mahasiswi Jurusan kebidanan, 56 mahasiswa Jurusan Program A (S1 Keperawatan dari lulusan SMA) dan 147 mahasiswa program B (S1 Keperawatan dari lulusan D3). Ketua Panitia PPS, Musyafak SKep MKes menyebutkan, PPS selain pengenalan mahasiswa/i baru, nantinya juga harus mengikuti beberapa pembekalan yang sudah panitia jadwalkan. Di antaranya, pengenalan tata tertib asrama atau kampus.

“Tujuan PPS, agar mahasiswa berdisiplin dan dapat memahami peraturan kampus. Kemudian mahasiswa juga diberi pembekalan tentang sejarah pendirian kampus Aufa Royhan sebagai bahan renungan agar mahasiswa dapat berprestasi,” kata Musyafak SKep Mkes Jumat (7/9). Untuk dapat lebih mencintai kampus Aufa Royhan sebutnya, peserta PPS dibekali lagu mars kampus serta pembekalan akhlak remaja dengan harapan mahasiswa di samping berprestasi juga berakhlak karimah (baik) di tengah-tengah masyarakat. Sebab, para mahasiswa nantinya akan terjun ke masyarakat.

PPS adalah kegiatan terencana yang diselenggarakan pada awal tahun akademik dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penyelenggarakan pendidikan tenaga kesehatan wajib diikuti oleh mahasiswa baru. PPS mempunyai makna penting dalam mempersiapkan setiap mahasiswa dikenalkan sedini mungkin terhadap kehidupan kampus sebagai prakondisi yang sangat menunjang keberhasilan pembelajaran di lingkungan barunya. “STIKES Aufa Royhan membuka program Strata Satu (S1) dan D3 untuk program Studi (Prodi) kebidanan dan keperawatan,” katanya.

Sementara itu, Ketua STIKES Aufa Royhan, Drs H Guntur Imsyaruddin MKes menambahkan, STIKES Aufa Royhan juga mempunyai unggulan Bahasa Inggris, Ilmu Teknologi dan Interprewnership sebagai bekal di persaingan global nantinya. “Usai tamat, nantinya mahasiswa sudah siap bersaing ke luar negeri dan yang menjadikan mahasiswa berkepribadian baik,” terangnya